Guna Meningkatan Luaran Dosen di Bidang Publikasi Prodi Pendiikan Biologi Mengadakan Worshop Penulisan Artikel Ilmiah  

Salah satu indikator eksistensi dosen adalah publikasi ilmiah di jurnal nasional maupun internasional bereputasi. Publikasi hasil penelitian dosen pada jurnal internasional bereputasi merupakan salah satu capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi. Capaian IKU ini digunakan dalam peningkatan kualitas dosen, program studi dan universitas, sehingga dapat meningkatkan kualitas lulusan. UNIPMA terus mendukung dosennya agar semakin produktif dalam menghasilkan karya.

Upaya yang dilakukan Prodi Pendidikan Biologi dalam meningkatkan produktivitas dosen adalah dengan menggelar workshop dan pendampingan penulisan artikel ilmiah di jurnal internasional bereputasi. Workshop ini merupakan kegiatan dari hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) dari Kemendikbud tahun 2022, yang digelar selama dua hari pada tanggal 20-21 Oktober 2022.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Dr. Dewi Ratih Tirto Sari dari Universitas Ibrahimy Situbondo, yang telah menghasilkan banyak publikasi ilmiah. “Tujuan dari workshop adalah meningkatkan keterampilan dan kemampuan dosen dalam menulis artikel atau manuskrip, memilih jurnal  internasional  terindeks Scopus atau WoS dan menghasilkan publikasi ilmiah yang berkualitas,” tutur Dr. Cicilia Novi primiani, PIC kegiatan.

Kegiatan ini dihadiri 25 dosen yang telah mempunyai data hasil penelitian yang siap untuk dibuat artikel ilmiah.  Kegiatan workshop ini dibuat dengan konsep penguatan quality control dan substantive editing, pendampingan teknik analisis dan persiapan data untuk publikasi, tips dalam memilih jurnal yang relevan dan materi pendukung lainnya.

“Workshop menarik karena narasumber memberikan implementasi nyata penulisan artikel  ilmiah melalui best practice dan pendampingan intensif,” ungkap Dr. Linda Yuhanna, dosen Prodi Pendidikan Biologi.

Harapannya dengan semakin banyak dosen yang menulis di jurnal nasional maupun internasional dapat meningkatkan produktifitas dosen dan berdampak positif bagi kemajuan Program Studi Pendidikan Biologi dan Universitas PGRI Madiun. (*)

Sumber : https://www.timesindonesia.co.id/ketahanan-informasi/435920/genjot-produktivitas-dosen-prodi-pendidikan-biologi-unipma-gelar-workshop-penulisan-artikel-ilmiah