Dosen Prodi Pendidikan Biologi Melaksanakan Abdimas Internasional Dengan Menggandeng Dosen dari  

Di era new normal ini dosen dituntut untuk mengalakukan pengabdian masyarakat untuk menyelesaikan permasalhan permasalahan yang ada di masyarakat. dimana salah satu dosen prodi pendidikan biologi UNIPMA membuat gebrakan baru yaitu melaksanakan Pengabdian kepada masyarakat dengan menggandeng Universitas Luar Negeri. 

Pujiati, S.Si., M.Si adalah salah satu dosen Prodi Pendidikan Biologi UNIPMA yang melakukan inovasi pengabdian masyarakat di daerah ds. Puntukdoro Kec. Plaosan Kab. Magetan pada tanggall 12-14 Juli 2022 dimana disana tim abdimas UNIPMA dan NEUST (Nueva Ecija University of Science and Technology) melakukan pengabdian masyarakat dengan memberikan pelatihan probiotik guna penanganan penyakit PMK(Penyakit Mulut dan Kaki)  Pada hewan ternak yang banyak menjangkit hewan ternak disana. Dimana pada musim musim ini memang banyak ternak yang terjangkit penyakit PMK kususnya jawa timur serta untuk memberikan ilmu terkait pembuatan pupuk hayati dan  biopestisida.

Ketua TIM International Community Engagement UNIPMA-NEUST, Pujiati, S.Si., M.Si. mengatakan bahwa kunjungan tersebut tidak hanya dosen UNIPMA. "Kami juga berasama tiga dosen dari NEUST Filipina, jadi ada enam dosen yang terlibat dalam program pengabdian masyarakat internasional ini,"

Tiga dosen dari Neuva Ecija University of Science and Technology (NEUST) FIilipina yaitu Jermil R. Angeles, Dr. Jomar M. Urbano, dan Mr. Arnold V. Damaso. Sedangkan dosen dari UNIPMA yaitu Pujiati, S.Si., M.Si., Agita Risma Nurhikmawati, S.Hum., MA., dan Sri Lestari, M.Pd. Dosen UNIPMA-NEUST memberikan materi terkait pembuatan pupuk hayati, biopestisida, dan probiotik berbasis kearifan lokal.

Pujiati mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut bersumber dari pendanaan Kemendikbud Ristek Program Kompetisi Kampus Merdeka. Dengan adanya program ini para petani di desa bisa mendapatkan solusi atas permasalahan yang dihadapi. Baik dalam bidang pertanian maupun peternakan.

Hebatnya, Desa Puntukdoro menjadi desa mitra binaan UNIPMA Madiun sejak 2017 lalu. "Kami juga berharap dengan keterlibatan mahasiswa  dalam kegiatan ini dapat meningkatkan pemikiran kritis dalam menyelesaikan masalah yang ada di lingkungan mereka," jelas Pujiati. (*)

Selain di publis di times abdimas ini juga telah ditanyangkan di tv filipin yang dapat dilihat melalui link berikut

Times : https://timesindonesia.co.id/ketahanan-informasi/421313/wow-dosen-unipma-madiunneust-jalani-pengabdian-masyarakat-internasional

TV Filipina : https://fb.watch/exLJzHEHU9/?fs=e&s=cl