Guna Melatih Jiwa Wirausaha Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Gelar Workshop Kewirausahaan 

Pengembangan bisnis dan dan ekonomi kreatif adalah sektor vital yang mendukung roda perekonomian secara nasional. Generasi Z saat ini merupakan sumber daya manusia yang potensial dalam membangun start up bisnis. Pengembangan bisnis dan industri kreatif bagi mahasiswa dapat dilakukan dengan sosialisasi, pendampingan dan sistem marketing yang modern.

Sebagai upaya membentuk jiwa bisnis mahasiswa, program studi Pendidikan Biologi menggelar workshop kewirausahaan dengan menghadirkan narasumber yang kompeten. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 17 November 2022 di aula laboratorium terpadu UNIPMA. Workshop ini merupakan aktivitas untuk mendukung Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi, yang dibiayai oleh Program Kompetensi Kampus Merdeka (PKKM) Kemdikbudristek tahun 2022.

Workshop kewirausahaan ini menghadirkan Yusup Arip, SE, MM dari Divisi Kewirausahaan Universitas Muhammadiyah Ponorogoro. Pemateri expert di bidang pendampingan kewirausahaan mahasiswa sekaligus praktisi dengan berbagai bisnis kuliner dan fashion. “Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi mahasiswa untuk mengembangkan jiwa bisnis dan merintis  start up, mahasiswa juga diberikan pembekalan bagaimana membuat rencana bisnis,” ujar Joko Widiyanto, M.Pd. Kaprodi sekaligus PIC kegiatan. 

 Materi yang disampaikan pada workshop ini adalah bagaimana menyusun Bussines Model Canvas (BMC) dan pitch desk proposal bisnis.

Mahasiswa dipandu secara berkelompok untuk menggali ide bisnis dan menuangkan dalam matriks BMC. Kegiatan ini juga dipandu oleh Dr. Wachidatul Linda Yuhanna, M.Si, dosen pendamping kegiatan kemahasiswaan prodi Pendidikan Biologi UNIPMA. “Ide bisnis mahasiswa pendidikan biologi sangat inovatif mulai dari bidang kuliner, budidaya, jasa, souvenir dan industri kreatif yang sangat potensial dikembangkan," ungkap Yusup Arip. 

Pengembangan bisnis mahasiswa selanjutnya dapat dilakukan dengan pemberian modal usaha, pendampingan proses produksi, pemasaran dan manajemen bisnis. 

Harapan dari program studi Pendidikan Biologi adalah adanya bentuk rintisan start up bisnis mahasiswa, sehingga akan mempercepat lulusan untuk memperoleh pekerjaan setelah lulus kuliah, bahkan sebelum lulus. Kegiatan ini sangat relevan dengan pembentukan profil lulusan Pendidikan Biologi sebagai wirausahawan. Sebagai upaya keberlanjutan, prodi Pendidikan Biologi akan terus memberikan pendampingan dan monitoring progres bisnis yang mahaiswa lakukan.

Sumber : https://timesindonesia.co.id/indonesia-positif/441989/melatih-jiwa-bisnis-mahasiswa-prodi-pendidikan-biologi-unipma-gelar-workshop-kewirausahaan

video : https://drive.google.com/file/d/1DfPf3Qna3sCGMLTpTrnmHFi1xeKMU7GX/view?usp=share_link