Pendampingan Budidaya Jamur Tiram Mekar Asri, Rintisan Wirausaha Mahasiswa Pendidikan Biologi Unipma Madiun 

Pengembangan kewirausahaan bagi mahasiswa tidak hentinya dilakukan oleh program studi Pendidikan Biologi UNIPMA. Sesuai dengan visi dan misinya, lulusan Prodi Pendidikan Biologi diharapkan selain menjadi pendidik dan laboran, juga diproyeksikan menjadi wirausaha berbasis biologi. Salah satu upaya yang dilakukan adalah adanya pelatihan, pendampingan, bantuan modal usaha dan monitoring bisnis mahasiswa.  Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu upaya mendorong kemandirian ekonomi mahasiswa. Kegiatan ini juga merupakan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Dr. W. Linda Yuhanna, Joko Widiyanto, M.Pd, dan Ir Ani Sulistyarsi, M.Si dosen Prodi Pendidikan Biologi.

Alfira Marhandafi Mahayu Putri adalah salah seorang mahasiswa Pendidikan Biologi yang merintis usaha jamur tiram Mekar Asri. Usaha ini mulai dirintis sejak tahun 2020. “Awalnya mengikuti jejak ayah saya dalam membudidayakan jamur tiram, kemudian saya tertarik untuk ikut dan memulai bisnis dengan merambah ke aspek pengolahan jamurnya,” ungkap Alfira.

Kemdikbudristek melalui hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) memberikan amanah untuk prodi Pendidikan Biologi untuk memberikan pendampingan baik dari akademisi dan praktisi untuk mengembangkan bisnis mahasiswa.

“Selain pelatihan, melalui hibah PKKM mahasiswa juga diberikan tambahan modal berupa Baglog jamur tiram dan pendampingan dari praktisi yang profesional,"  ujar Joko Widiyanto selaku PIC kegiatan.

Pendampingan ini dilakukan pada bulan Desember 2022 dengan menggandeng praktisi jamur tiram, Bapak Baratha dari Thani Jamur Magetan. “Salut dengan Alfira, karena mau memulai bisnis mandiri, kami berkomitmen untuk terus mendampingi dan menjadi mentor sekaligus fasilitator dalam pengembangan bisnis jamur tiram,” ungkap Baratha selaku pendamping dari unsur praktisi.

Baratha juga mengungkapkan bahwa  sebagai start up bisnis, perlu memperluas jejaring pertemanan dan bisnis agar lebih memperluas pangsa pasar dan promosi. Adanya komunitas bisnis juga akan sangat membantu dalam pengembangan wirausaha jamur tiram.

Harapan dari prodi Pendidikan Biologi adalah tidak hanya Alfira, tetapi juga mendorong mahasiswa lain untuk mengembangkan bisnis dalam bidang apapun. Alfira juga mengajak teman-temannya di prodi Pendidikan Biologi untuk belajar dan menginovasikan pembudidayaan jamur tiram dan produk olahannya. Prodi Pendidikan Biologi sangat membuka peluang mahasiswa untuk berbisnis dan berkomitmen untuk memberikan pendampingan. Prodi Pendidikan Biologi juga akan memfasilitasi mentor dari unsur praktisi profesional.

Sumber : https://timesindonesia.co.id/indonesia-positif/441726/pendampingan-budidaya-jamur-tiram-mekar-asri-rintisan-wirausaha-mahasiswa-pendidikan-biologi-unipma-madiun 

viedeo : https://drive.google.com/file/d/1I8tl_qUKX0kxtX3l7KvP0imoddl2qLXm/view?usp=share_link