Bertandang ke Negeri Jiran, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UNIPMA Jalin Kerja Sama Internasional dengan Veritas University College Malaysia
MADIUN - Pada hari Jumat, 15 Agustus 2025, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Madiun (UNIPMA) melaksanakan kegiatan Academic Visit dan Penandatanganan Kerjasama dengan Veritas University College (VUC) Malaysia. Kegiatan ini berlangsung di kampus VUC, Malaysia dan merupakan langkah strategis dalam memperluas jejaring internasional sekaligus meningkatkan kualitas pendidikan di lingkungan prodi. Kunjungan akademik ini menjadi momentum penting dalam mewujudkan penguatan program internasional UNIPMA yang berorientasi pada pengembangan bidang pendidikan dan riset yang relevan dengan kebutuhan global.
Kunjungan ini dihadiri oleh dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Prodi PBI), yaitu Dr. Erlik Widiyani Styati, M.Pd. selaku Kepala Program Studi, serta Dr. Lulus Irawati, S.S., M.Pd. dan Dr. Sigit Ricahyono, S.S., M.Pd. Dalam pertemuan tersebut, pihak UNIPMA dan VUC melakukan diskusi mengenai peluang kolaborasi akademik, seperti kegiatan guest lecture, joint research, student mobility, serta pengembangan kurikulum berbasis digital humanities dan interdisciplinary linguistics.
Penandatanganan kerjasama ini menjadi wujud komitmen kedua institusi dalam memperkuat kualitas pembelajaran dan penelitian di bidang Pendidikan Bahasa Inggris. Melalui kerja sama ini, dapat diadakan pertukaran mahasiswa sehingga diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas, baik secara akademik maupun kultural dan mampu bersaing di tingkat global. Pihak VUC menyambut baik kolaborasi ini dan berharap sinergi antara kedua institusi dapat menghasilkan program-program akademik yang inovatif dan berkelanjutan.
Kegiatan ini sekaligus menjadi implementasi dari misi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UNIPMA, yaitu menghasilkan lulusan cerdas, berdaya saing, dan memiliki kemampuan berwirausaha berbasis digital humanities, interdisciplinary linguistics, dan edupreneurship. Dengan terjalinnya kerjasama internasional ini, UNIPMA semakin memperkuat posisinya sebagai institusi pendidikan tinggi yang responsif terhadap perkembangan global. Selain itu juga menunjukan komitmen untuk mencetak lulusan yang berkompeten di era transformasi digital.
Daftar Pustaka
Arum, D. (2022). Pengembangan Kurikulum Berbasis Digital Humanities dalam Pembelajaran Bahasa. Jakarta: Prenadamedia Group.
Harmer, J. (2015). The Practice of English Language Teaching. Pearson Education.
Kramsch, C. (2021). Language and Culture in Global Competence. Cambridge University Press.
Mangunjaya, F.M. (2023). Internasionalisasi Perguruan Tinggi: Strategi dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Richards, J. C., & Rodgers, T. S. (2014). Approaches and Methods in Language Teaching. Cambridge University Press.
UNESCO. (2020). Global Education Monitoring Report: Inclusion and Education. Paris: UNESCO Publishing
