Guest Lecture International: Penerapan Multiple Intelligences dalam Pembelajaran Sains di Program Studi Pendidikan Fisika Universitas PGRI Madiun 2025 

Program Studi Pendidikan Fisika Universitas PGRI Madiun sukses menyelenggarakan kegiatan guest lecture sebagai bagian dari rangkaian International Lecture Series 2025 pada 13 November 2025. Kegiatan ini mengusung tema “Multiple Intelligences and Science Learning: Nurturing Diverse Potentials in the Classroom”, dengan fokus pada strategi pembelajaran sains yang mampu mengakomodasi keragaman potensi siswa di era modern. Acara ini dihadiri oleh mahasiswa, dosen, serta praktisi pendidikan yang antusias mengikuti sesi berbagi pengetahuan.

Pada kesempatan tersebut, Program Studi Pendidikan Fisika menghadirkan narasumber internasional, Mary Angelie S. Cabacungan, MAEd, seorang akademisi dari Nueva Ecija University of Science and Technology (NEUST), Filipina. Dalam pemaparannya menekankan peran penting teori Multiple Intelligences dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif. Ia menunjukkan bagaimana pendidik dapat merancang pembelajaran sains yang memberikan ruang bagi setiap jenis kecerdasan untuk berkembang secara optimal.

Selain menyampaikan teori dan konsep, Mary Angelie S. Cabacungan, MAEd juga memberikan contoh konkret penerapan Multiple Intelligences dalam pembelajaran fisika melalui aktivitas praktikum, eksperimen kelompok, hingga penggunaan media digital. Peserta terlihat sangat antusias karena sesi ini memperkaya wawasan mereka terkait inovasi model pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan peserta didik abad ke-21. Diskusi dan tanya jawab pun berlangsung aktif hingga akhir sesi.

Kegiatan guest lecture ini tidak hanya memperkuat jejaring internasional Universitas PGRI Madiun, tetapi juga menjadi ajang bagi mahasiswa dan dosen untuk meningkatkan kualitas pembelajaran fisika berbasis riset dan pendekatan pedagogis terbaru. Dengan terselenggaranya acara ini, Program Studi Pendidikan Fisika berharap dapat terus menghadirkan kegiatan akademik berkualitas guna mendorong lulusan yang kompeten, adaptif, dan berwawasan global.

 

Daftar Pustaka

Armstrong, T. (2017). Multiple Intelligences in the Classroom (4th ed.). ASCD.

Gardner, H. (2011). Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. Basic Books.

NEUST. (2025). Profile of Faculty: Mary Angelie S. Cabacungan, MAEd. Nueva Ecija University of Science and Technology.

Suyanto, E., & Jatmiko, B. (2022). Inovasi Pembelajaran Sains Abad 21. Penerbit Universitas.