Mengikuti Kegiatan PPL, Mahasiswa Semester VII Pendidikan Fisika Resmi Diserahkan ke Sekolah Praktik  

Praktik Pengalaman Lapangan (real teaching) atau yang biasa disebut PPL merupakan seragkaian kegiatan praktik mengajar dan melaksanakan tugas-tugas kepedidikan. Kegiatan yang berorientasi untuk memenuhi persyaratan profesi kependidikan ini bertujuan membentuk pribadi calon pendidik yang cakap, terampil, memiliki seperangkat pengetahuan, sikap, nilai, dan tingkah laku yang diperlukan bagi profesinya.

Di Universitas PGRI Madiun, pelaksanaan PPL dialokasikan kurang lebih 8 minggu dengan menggunakan sistem blok waktu. Kegiatan ini melibatkan seluruh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) semester VII. Tanpa terkecuali, mahasiswa program studi Pendidikan Fisika yang notabene termasuk dalam lingkup FKIP. Mahasiswa peserta PPL prodi Pendidikan Fisika terbagi atas 7 kelompok dengan sekolah tempat praktik meliputi SMKN 1 Jiwan, SMKN 1 Wonoasri, SMK PGRI Mejayan, SMK Gamaliel, MAN 1 Kota Madiun, MTsN Kota Madiun, dan SMPN 3 Mejayan.

Setelah melalui serangkaian prosedur meliputi penentuan peserta PPL, pembimbing, dan guru pamong, kegiatan PPL mulai dilaksanakan sejak awal bulan September 2017. Diawali dengan observasi dan konsultasi, selanjutnya mahasiswa peserta PPL secara resmi diserahkan ke sekolah praktik untuk memulai kegiatan tersebut. Acara penyerahan mahasiswa PPL dilakukan secara serentak pada tanggal 11 September 2017 di masing-masing sekolah dan dihadiri dosen koordinator tiap-tiap kelompok. Dijadwalkan, kegiatan PPL ini selesai pada akhir bulan November. Sehingga pada bulan Desember sudah dapat dilakukan penarikan.