PRODI PBI-FKIP UNIPMA RAIH PERINGKAT "BAIK SEKALI" 

 

Ucapan Selamat dan Sukses kepada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas PGRI Madiun atas Penetapan Peringkat Akreditasi “Baik Sekali” berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor 2997/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2021

[Admin]. Setelah melalui proses perjalanan yang panjang dan melelahkan dalam menyusun dokumen Borang Akreditasi dengan menggunakan Instrumen Borang 9 Kriteria, yang diakhiri dengan adanya Asesmen Lapangan (AL) oleh Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), tepatnya pada hari Jumat dan Sabtu, tanggal 7-8 Mei 2021, KADO ISTIMEWA berupa peringkat akreditasi “BAIK SEKALI” akhirnya diberikan kepada Program studi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas PGRI Madiun. Penetapan ini diberikan berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 2997/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2021, yang ditandatangani oleh Direktur Eksekutif pada 18 Mei 2021.

Menangani re-akreditasi program studi dengan menggunakan instrumen Akreditasi dengan Borang 9 Kriteria kali ini merupakan pengalaman pertama bagi FKIP Unipma yang dalam hal ini sebagai Unit Pengelola Program Studi (UPPS). Mulai dari proses menyiapkan dokumen, unggah dokumen, sampai dengan Asesmen Lapangan, telah banyak menguras tenaga dan pikiran dari berbagai pihak, khususnya Tim Borang prodi dan UPPS, serta unit-unit terkait lainnya.

Dari pengalaman menjalani proses re-akreditasi selama ini, prodi maupun UPPS merasakan bahwa penyusunan dokumen Akreditasi dengan Borang 9 Kriteria memang jauh lebih rumit dan rigit dibandingkan dengan yang menggunakan instrumen Borang 7 Standard. Untuk bisa mencapai peringkat akreditasi “Baik Sekali”, seperti pengalaman re-akreditasi prodi PBI ini, prodi dan UPPS harus berdarah-darah dulu. Pernyataan ini tidak berlebihan, karena untuk mencapai target ini, proses yang panjang harus dilalui terlebih dulu oleh prodi.  Prodi dan UPPS harus sudah menjalankan yang namanya “Good University Governance” yang semua dokumennya akan digunakan untuk memenuhi tuntutan instrumen akreditasi 9 Kriteria ini. Prodi dan UPPS harus mampu menunjukkan prestasi-prestasi dan keunggulan-keunggulan yang dimiliki.

Berdasarkan Standar Nasional (SN) Dikti, capaian peringkat akreditasi “BAIK SEKALI” yang diraih oleh prodi PBI ini mengandung makna bahwa Program studi PBI FKIP Unipma dinyatakan telah memenuhi standar yang “jauh” melampaui SN Dikti. Seberapa jauh prodi PBI melampaui standar SN-Dikti, bisa dilihat dari beberapa capaian indikator yang ditunjukkan dengan prestasiprestasi maupun keunggulan-keunggulan prodi. Beberapa contoh capaian indikator yang di raih oleh prodi diantaranya adalah adanya prestasi mahasiswa PBI di tingkat internasional, yakni menjadi juara II lomba debat internasional, Selain itu, prodi memiliki 10 mahasiswa yang lolos mengikuti pertukaran pelajar internasional program Sea-Teacher. Selain prestasi, terdapat keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh prodi PBI yang di antaranya adalah, Pertama, program studi ini telah mampu menghasilkan lulusan dengan capaian pembelajaran lulusan berdasarkan rata-rata IPK Lulusan dari yang ditargetkan IPK rata-rata = 3,1 bisa tercapai 3,53; Kedua, capaian prestasi mahasiswa di bidang akademik dari yang ditargetkan = 6 prestasi bisa tercapai sebanyak 35 prestasi; Ketiga, Efektifitas dan produktivitas bidang pendidikan dari persentase lulus tepat waktu yang ditargetkan = 70% bisa tercapai 74%; Keempat, kegiatan pertukaran mahasiswa tingkat Internasional (Atas kerjasama UNIPMA dengan SEAMEO dan kampus luar negeri di Filipina dan Thailand), dari 1 mahasiswa yang ditargetkan bisa tercapai 11 mahasiswa; Kelima, capaian mahasiswa program studi yang mengikuti program KKN Magang Industri dari 3 mahasiswa yang ditargetkan, bisa terealisasi ada sebanyak 11 mahasiswa yang berhasil mengikuti program tersebut. Selain itu, jika dilihat dari kekuatan SDM yang ada, prodi PBI sudah memiliki 7 orang doktor dengan bidang ilmu relevan, mempunyai 2 orang dosen yang sudah memiliki jabatan fungsional Lektor Kepala, 7 orang dosen dengan jabatan fungsional Lektor. Capaian-capaian inilah yang membuat prodi PBI mendapatkan peringkat “BAIK SEKALI” atau dikatakan jauh melampaui SN-Dikti.

Menyusun dokumen akreditasi dengan 9 kriteria ini memang sangat barat, namum demikian dibalik beratnya proses penyusunan dokumen ini, banyak sekali pelajaran diperoleh, baik oleh program studi maupun UPPS. "Yang jelas, melalui pemenuhan instrumen akreditasi dengan 9 kriteria ini, maka prodi maupun UPPS untuk mewujudkan yang namanya 'Good University Governance', akan benar-benar bisa diwujudkan mana kala prodi maupun UPPS bisa memenuhi semua kriteria diatas dengan sangat baik", tegas Dr. Sumani, M.M, M.Hum., wakil dekan bidang Akademik dan Sarpras FKIP Unipma ini.

Hasil akreditasi ini telah agak lama ditunggu oleh segenap civitas akademika. Maka, ketika mendengar informasi bahwa hasil akreditasi Prodi PBI sudah keluar, dengan peringkat “Baik Sekali” maka sontak semua pihak yang sudah menunggu-nunggu hasil ini mengekpresikan luapan kegembiraan mereka. Tidak hanya mahasiswa, tapi juga para dosen prodi PBI meluapan kegembiraan mereka.

Kerja keras, kesungguhan, dan kesabaran tinggi dari semuanya, akhirnya membuahkan hasil yang sangat menggembirakan di saat sebagaian besar orang, tengah merayakan hari Raya Idul Fitri tahun ini. Ini mungkin merupakan hadiah istimewa yang diberikan kepada segenap civitas akademika, setelah mereka menjalani bulan Ramadhan tahun ini, sehingga berkat doa-doa mereka, akhirnya perjuangan panjang telah membuahkan hasil yang patut untuk disyukuri bersama, ujar Elva Nuraina, S,E., M.Si., wakil dekan bidang kemahasiswaan dan keuangan.

"Satu tahapan sudah terlampaui, namun demikian ke depannya, prodi PBI masih perlu kerja keras lagi. Prodi perlu untuk terus melakukan peningkatan produktivitas dosen dalam penelitian dan pengabdian masyarakat, peningkatan kerja sama dengan lembaga lain, baik DN dan LN untuk program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dan juga meningkatkan kegiatan penjaminan mutu", tegas Dr. drh. C. Novi Primiani, M.Pd., dekan FKIP Unipma.

Dengan berhasilnya proses re-akreditasi prodi PBI ini, maka segenap jajaran dekanat memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berkontribusi bagi susksesnya reakreditasi Program studi Pendidikan bahasa Inggris ini dengan harapan hasil yang telah dicapai ini, bisa menjadi titik tolak bagi prodi PBI dan juga 13 prodi lainnya yang ada di bawah naungan FKIP Unipma, untuk terus bekerja keras, melaju ke depan dengan lebih mantab lagi guna membantu mewujudkan visi besar Unipma, yakni untuk menjadi kampus unggul yang Smart and Competitive. (Admin-FKIP).