MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS TEKS RECOUNT DENGAN MEMANFAATKAN FLASHCARDS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEDERHANA SISWA KELAS 8B SMP NEGERI 1 LEMBEYAN SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2023/2024 

Oleh :

Nurul Samsiyah, S.Pd

 

PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU DALAM JABATAN 

UNIVERSITAS PGRI MADIUN

2024

 
 

PENDAHULUAN


A. Latar Belakang

Azyumardi (Darmaningtyas, 1998:15) menyebutkan bahwa Pendidikan diperlukan manusia, agar secara fungsional manusia diharapkan mampu memiliki kecerdasan (intelligence, spiritual dan emosional) untuk menjalani kehidupan yang bertanggung jawab, baik secara pribadi, sosial, maupun profesional. Dalam bahasa pedagogi, pendidikan bertujuan guna memenuhi tiga aspek, yaitu aspek Afektif, Kognitif dan Psikomotor.

Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran yang diajarkan pada setiap jenjang dan jenis pendidikan baik pendidikan umum maupun pendidikan kejuruan. Kenyataan yang ada sekarang ini rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran bahasa Inggris walaupun telah dilakukan berbagai upaya perbaikan, baik kurikulum, sarana dan prasarana penunjang pendidikan, pembekalan guru-guru lewat pelatihan-pelatihan, seminar, inovasi pendidikan lainnya. Hal ini diakibatkan karena daya tarik siswa untuk belajar bahasa Inggris semakin menurun serta bahasa Inggris dipandang sebagai mata pelajaran yang sukar dan tidak menyenangkan. Faktor utama menurunnya hasil belajar siswa adalah tidak termotivasi untuk belajar Bahasa Inggris. Penggunaan metode yang tidak bervariasi.Dari siswa kenyataannya menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang belum tuntas mencapai hasil belajar seperti yang diharapkan oleh guru. 

 

B. Identifikasi Masalah

Berdasarkan data yang diperoleh selama proses belajar mengajar berlangsung untuk ternyata dari 32 jumlah hanya 10 siswa mencapai tingkat penguasaan materi di atas 65%, jumlah siswa hanya 10 orang yang memiliki tingkat penguasaan materi di atas 65%. Hal ini dapat dilihat penulis dari kegiatan siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung. Dari hasil Tanya jawab supervisor dan teman sejawat, terungkap beberapa masalah yang terjadi dalam proses pembelajaran antara lain :
Rendahnya hasil belajar siswa diakibatkan tidak termotivasi belajar Bahasa Inggris, siswa kurang memiliki pemahaman yang memadai tentang materi yang diajarkan, siswa tidak ada keberanian dalam mengajukan pertanyaankurangnya pendekatan pembelajaran yang digunakan Guru, kurangnya latihan dan contoh, penggunaan metode yang tidak bervariasi, kurang tersedianya fasilitas media atau alat peraga yang dapat menunjang proses pembelajaran di dalam kelas, kurangnya keterampilan berbahasa yang di miliki oleh siswa (membaca, menulis, mendengar, dan berbicara).

 

C. Rumusan Masalah

Dari uraian latar belakang identifikasi masalah dan analisis perumusan masalah diatas maka dapat dirumuskan suatu masalah untuk mata pelajaran Bahasa Inggris adalah “ Bagaimana cara Guru mengaktifkan siswa dalam menggunakan media pembelajaran sehingga siswa termotivasi belajar Bahasa Inggris”


D.Tujuan
Penyusunan Karya tulis ini bertujuan Agar terjadi peningkatan perbaikan komponen keterampilan mengajar guru yag disusun berdasarkan catatan yang dibuat ketika merancang kegiatan perbaikan pembelajaran Bahasa Inggris .

Sudjana (1988:56) mengemukakan bahwa hasil belajar yang dicapai siswa melalui proses belajar mengajar yang optimal cenderung menunjukkan hasil yang berarti antara lain sebagai berikut:   :
1. Kepuasan dan kebanggaan yang dapat menumbuhkan motivasi belajar intrinsik pada diri siswa. Siswa tidak mengeluh dengan prestasi yang rendah dan ia akan berjuang lebih keras untuk memperbaikinya atau setidaknya mempertahankan apa yang telah dicapai.
2. Menambah keyakinan dan kemampuan dirinya, artinya ia tahu kemampuan dirinya dan percaya bahwa ia mempunyai potensi yang tidak kalah dari orang lain apabila ia berusaha sebagaimana seharusnya.

3. Hasil belajar yang dicapai bermakna bagi dirinya, seperti akan tahan lama diingat, membentuk perilaku, bermanfaat untuk mempelajari, aspek lain dapat digunakan sebagai alat untuk memperoleh informasi dan pengetahuan lainnya.

4. Hasil belajar yang diperoleh siswa secara menyeluruh (komprehensif), yakni mencakup ranah kognitif, pengetahuan atau wawasan, ranah afektif (sikap) dan ranah psikomotor.

5. Kemampuan siswa untuk mengontrol atau menilai dan mengendalikan diri terutama dalam menilai hasil yang dicapainya maupun mengendalikan proses dan usaha belajarnya.


E. Pembahasan

Kondisi pembelajaran merupakan factor yang mempengaruhi penggunaan strategi atau pendekatan dalam meningkatkan hasil belajar. Gage dan Bralier yang dikutip Dimyati dan Mudjiono (1994:40) dan Prasetyo Irawan (1996:43) mengemukakan strategi untuk merangsang minat dan perhatian siswa yakni :
Menggunakan metode dan pendekatan yang bervariasi.

Dalam penelitian ini penulis menggunakan media flash card untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris terutama dalam hal vocabulary (kosakata) yang merupakan modal utama siswa dalam menjelaskan gambar dengan pola Simple Past Tense. Flash card adalah kartu kecil dengan gambar atau simbol pada mereka digunakan baik dalam mengajar dan dalam pekerjaan pembangunan. Di dalam kelas, flashcards biasanya untuk mengajar “vocabulary”, reading dan writting. Sebuah gambar misalnya tentang suatu kegiatan siswa yang sedang belajar . Para siswa di dorong untuk mengasosiasikan gambar dan kata-kata melalui berbagai tampilan dan membacakan kegiatan yang sedang di lakukan dalam gambar. Hal ini sangat berguna untuk merangsang siswa untuk berperan aktif di dalam kelas.
Untuk menggunakan flashcards dalam situasi kelas seperti belajar membaca menunjukan gambar dan kata bersama-sama. Meminta siswa untuk melihat gambar dan mengatakan kegiatan apa yang di jelaskan dalam gambar. Kemudian siswa menghafalkan dan menuliskannya dibuku. Ini dapat menambah perbendaharaan kata lebih bnyak sehingga memudahkan siswa dalam belajar  dan memahami teks Bahasa Inggris. Begitu juga hal ini akan menambah antusias dan semangat siswa dalam belajar Bahasa Inggris, karena siswa merasa lebih percaya diri, dengan mempunyai perbendaharaan kata yang banyak. Namun harus diingatkan kembali bahwa dalam membuat kalimat agar digunakan pola Simple Past Tense.Media Flashcard dan media gambar dalam pembelajaran Bahasa Inggris sangat penting untuk membantu siswa memperoleh konsep baru, keterampilan dan kompetensi bahasa. Ada banyak jenis media yang dapat digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar tetapi guru harus selektif saat memilih.
Gagne (dalam Sadiman dkk, 1990:6) menyatakan bahwa “Media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya untuk belajar." 

F. Kesimpulan
1. Siswa sangat tertarik, merasa puas dan termotivasi dengan menggunakan media Flash Card 
dalam pembelajaran Bahasa Inggris. .
2. Hasil belajar siswa meningkat dengan menggunkan media Flash card dalam pembelajaran Bahasa Inggris.

 

DAFTAR PUSTAKA

Rahadi, Arsito. (2003). Media Pembelajaran. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan menengah Direktorat Tenaga Kependidikan 

Susilo, Madyo Eko dan R.B Kasihadi. (1990). Dasar–dasar Pendidikan. Semarang: Effhor publishing 

Tilaar, H.A.R(1994). Pendidikan Kebudayaan dan Masyarakat Madani Indonesia. Bandung: Remaja Rosda Karya

Tutharjo, Umar dan Lasulo. (1994). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Depdikbud