Universitas PGRI Madiun Mewujudkan Desa Mandiri Energi dan Pupuk Dalam Kegiatan Matching Fund Kedaireka 

Tim  Matching Fund Kedaireka UNIPMA Menggandeng mitra kelompok tani mulyosejati untuk wujudkan Desa Mandiri Energi dan Pupuk. Tahun 2022 ini merupakan tahun yang yang istimewa dimana tim prodi Pendidikan Biologi UNIPMA yang diketuai oleh Pujiati dengan anggota Nurul Kusuma Dewi, Dimas Setiawan dapat melakukan hilirisasi riset untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Mitra yang dilibatkan adalah kelompok tani Mulyosejati di Desa Puntukdoro, Kabupaten Magetan. Kegiatan utama yang dilakukan adalah   instalasi   reactor biogas untuk 5 rumah tangga, pembangunan rumah produksi pupuk kompos sebagai upaya  pemanfaatan limbah buangan biogas selain itu juga produksi pupuk hayati cair.

“Kita mungkin sudah tahu banyak petani mengeluh karena harga pupuk yang sangat mahal, kondisi lahan pertanian dan produktivitas pertanian yang menurun, jadi program ini benar-benar dapat memberikan solusi yang nyata untuk mengatasi permasalahan-permasalahan petani saat ini tentunya karena dukungan SDA dan SDM yang memadai juga di mitra kami,” tambah Pujiati.

“Kelebihan teknologi produksi biogas ini adalah kami menggunakan mikroba yang kami kembangkan sendiri untuk meningkatkan volume gas yang dihasilkan utamanya jika produksi dilakukan menggunakan campuran limbah-limbah pertanian yang sangat melimpah di desa ini. Limbah  buangan reactor biogas ini biasanya kita sebut bioslurry, limbah ini   banyak mengandung mikroba potensial untuk perbaikan lahan pertanian.  Fresh slurry pun sudah banyak diminati  petani di desa ini,  jadi inovasi lain yang dikembangkan adalah pemanfaatan limbah biogas tersebut untuk formulasi pupuk kompos berkualitas,” terang Pujiati. Kami juga sangat berterima kasih kepada UNIPMA, yang senantiasa memfasilitasi, mendampingi dan memberikan arahan-arahan kepada kami selama pelaksanaan program ini. Kami berharap kegiatan ini dapat berlanjut dan memberikan dampak dampak positif dan praktik-praktik baik untuk mitra, masyarakat dan perguruan tinggi.